INDOALERT!

::agregat berita bencana dan kedaruratan::

INDONESIAGA!, daily updated Indonesia alert map
PETUNJUK PENGGUNAAN PETA: klik mouse kiri dua kali untuk zoom-in, klik mouse kanan dua kali untuk zoom-out. Klik marker pada peta dan klik tanda plus (+) untuk melihat deskripsi. Click-and-drag untuk menggeser peta atau gunakan tool navigasi di pojok kiri atas.

Sunday 16 March 2008

Banjir Bandang Situbondo Akibat Pemanasan Global? [jawapos]

Oleh:Budi Mulyono
Banjir bandang di Kabupaten Situbondo, Jumat, 8 Februari 2008 telah menewaskan banyak orang dan menimbulkan kerugian miliaran rupiah. Sebagian dari kita bertanya, mengapa banjir bandang yang pernah terjadi pada tahun 2002 terulang kembali? Sebagian yang lain mencoba mengkaji penyebab terjadinya bencana tersebut.

Banyak yang menduga bahwa penyebab dari banjir bandang tersebut adalah tingginya curah hujan yang mengakibatkan tingginya debit air di bendungan Sampean Baru. Gundulnya hutan di daerah hulu, sehingga kawasan resapan air menjadi berkurang. Kemampuan daya tampung bendungan maupun Daerah Aliran Sungai (DAS) yang menurun akibat dari sedimentasi serta pemanfaatan bantaran sungai yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Kesalahan petugas penjaga pintu air atau sebab lain yang secara logika atau mungkin secara teknis bisa dibenarkan.

baca selengkapnya di Radar Banyuwangi

Blog Archive