INDOALERT!

::agregat berita bencana dan kedaruratan::

INDONESIAGA!, daily updated Indonesia alert map
PETUNJUK PENGGUNAAN PETA: klik mouse kiri dua kali untuk zoom-in, klik mouse kanan dua kali untuk zoom-out. Klik marker pada peta dan klik tanda plus (+) untuk melihat deskripsi. Click-and-drag untuk menggeser peta atau gunakan tool navigasi di pojok kiri atas.

Sunday 16 March 2008

Gempa Lagi-lagi Guncang Maluku [tribunjabar]

JAKARTA, TRIBUN - Gempa tektonik lagi-lagi mengguncang sejumlah wilayah di Indonesia. Kali ini, gempa terjadi 199 kilometer baratlaut Saumlaki, Maluku, berkekuatan 5,5 Skala Richter.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) mencatat, pusat gempa yang terjadi pukul 07.49 WIB tersebut berada pada 6.39 lintang selatan-130.47 dengan kedalaman 110 kilometer di bawah laut.

Menurut BMG, gempa juga terpantau di 265 kilometer barat daya Tual, 399 tenggara Ambon, 535 kilometer barat daya Fakfak dan 475 baratdaya Kaimana, Irian barat.

BMG menyebutkan, gempa pagi tadi tak berpotensi memicu terjadinya gelombang tsunami.

Beberapa jam sebelumnya, Sabtu (15/3) malam, gempa tektonik berkekuatan 6,4 Skala Richter juga tercatat terjadi di 200 kilometer barat laut Sinabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), pukul 21.43.24 WIB.

Koordinat gempa berada pada 2.72 derajat lintang utara-94.57 derajat bujur timur, dengan kedalaman pusat gempa 10 kilometer di bawah laut.

Meski kekuatan gempa cukup besar, BMG menyebutkan, gempa ini juga tak berpotensi memicu terjadinya gelombang tsunami. (pin)

INDOALERT!baca selengkapnya di tribunjabar

Blog Archive