INDOALERT!

::agregat berita bencana dan kedaruratan::

INDONESIAGA!, daily updated Indonesia alert map
PETUNJUK PENGGUNAAN PETA: klik mouse kiri dua kali untuk zoom-in, klik mouse kanan dua kali untuk zoom-out. Klik marker pada peta dan klik tanda plus (+) untuk melihat deskripsi. Click-and-drag untuk menggeser peta atau gunakan tool navigasi di pojok kiri atas.

Monday 26 January 2009

China Laporkan Kasus Flu Burung Keenam [beritasore]

Beijing ( Berita ) : Seorang pria berusia 29 tahun dikonfirmasi tertular flu burung di Provinsi Guizhou, China barat daya, dan itu merupakan kasus keenam yang ditemukan di China selama 2009, demikian dilaporkan pihak berwenang setempat.

"Seorang pria bernama Zhou, merasakan sakit pada 15 Januari 2009 di kota Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou. Dia telah dikirim ke rumah sakit di Provinsi Guizhou," demikian seorang pejabat departemen kesehatan provinsi itu seperti dikutip Xinhua, di Beijing, Senin [26/01] . Pria tersebut saat ini masih dalam kritis, kata pejabat itu.

Zhou telah diperiksa positif terserang H5N1 flu burung, demikian hasil pemeriksaan yang dilakukan Minggu oleh Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit Menular China.

Pemerintah Guizhou telah meluncurkan suatu langkah darurat untuk menangkal penyakit itu. Siapa saja yang sebelumnya melakukan hubungan dengan pasien itu, saat ini berada dalam pengawasan medis. Tapi sejauh ini tidak ditemukan adanya warga lain yang tertular penyakit itu.

Kementerian Kesehatan China telah melaporkan kasus ini kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan menginformasikan kepada pihak berwenang di Hong Kong dan Makao. Sebelumnya, seorang pelajar berusia 16 tahun di Provinsi Hunan, China tengah, Selasa pekan lalu, meninggal akibat flu burung dan merupakan kasus ketiga meninggalnya pasien yang terserang penyakit itu selama 2009.

Pelajar yang diketahui bernama Wu merasakan sakit pada 8 Januari 2009 di Provinsi Guizhou, China barat daya, dan telah dipindahkan ke sebuah rumah sakit di Huaihua pada 16 Januari 2009 ketika kondisinya memburuk. Wu positif mengalami H5N1 flu burung, sesuai hasil yang dilakukan oleh Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit Menular China.

Pasien tersebut telah melakukan kontak dengan unggas, kata pejabat berwenang, tapi tidak dijelaskan lebih rinci mengenai cara penularannya. Masyarakat yang sebelumnya melakukan hubungan dengan Wu telah dilakukan pemeriksaan secara medis, tapi sejauh ini tidak ada yang tertular.

Seorang wanita berusia 27 tahun bernama Zhang juga meninggal akibat flu burung di Provinsi Shandong pada Sabtu (17/1), yang merupakan kasus kematian kedua di China selama 2009. Kasus kematian pertama flu burung pada 2009 dialami oleh Huang Yanqing, 19, yang meninggal di Beijing pada 5 Januari 2009. ( ant )

indoalert_iconbaca selengkapnya di beritasore

Blog Archive